Beranda | Artikel
Surga dan Berbagai Kenikmatan Bagi Orang Yang Beriman
Senin, 2 Agustus 2021

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi

Surga dan Berbagai Kenikmatan Bagi Orang Yang Beriman adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Ayat-Ayat Ahkam. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Kamis, 24 Sya’ban 1442 H / 07 April 2021 M.

Ceramah Agama Islam Tentang Surga dan Berbagai Kenikmatan Bagi Orang Yang Beriman

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

قُلْ أَؤُنَبِّئُكُم بِخَيْرٍ مِّن ذَٰلِكُمْ ۚ لِلَّذِينَ اتَّقَوْا عِندَ رَبِّهِمْ جَنَّاتٌ تَجْرِي مِن تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا وَأَزْوَاجٌ مُّطَهَّرَةٌ وَرِضْوَانٌ مِّنَ اللَّهِ ۗ وَاللَّهُ بَصِيرٌ بِالْعِبَادِ ‎﴿١٥﴾‏

Katakanlah: ‘Maukah aku kabarkan kepada kalian dengan yang lebih baik dari hal itu?’ Bagi orang-orang yang bertakwa, di sisi Rabb mereka ada surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai; mereka kekal didalamnya. Dan mereka mendapatkan isteri-isteri yang disucikan serta keridhaan dari Allah. Dan Allah Maha Melihat hamba-hamba-Nya.” (QS. Ali-Imran[3]: 15)

Apa itu takwa?

Sebagian ulama berkata tentang takwa. Takwa yaitu:

التقوى أن تعمل بطاعة الله على نور من الله ترجو ثواب الله، وأن تترك معصية الله على نور من الله تخاف عقاب

“Takwa adalah engkau beramal menjalankan ketaatan kepada Allah diatas cahaya dari Allah dengan mengharap pahala dari Allah, dan engkau meninggalkan larangan Allah diatas cahaya dari Allah karena takut adzab Allah.”

Jadi takwa harus disertai dengan ikhlas dan ilmu (cahaya dari Allah), bukan karena dunia, bukan karena ingin diangkat menjadi pemimpin, bukan lagi kampanye, atau yang lainnya. Berapa banyak orang yang melakukan ibadah tidak sesuai dengan Sunnah, bahkan bisa jadi bid’ah.

Bagi orang yang bertakwa itu surga-surga. Allah sebutkan di surah Ar-Rahman:

وَلِمَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهِ جَنَّتَانِ

Dan bagi orang yang takut akan kedudukan Rabbnya, dia akan mendapatkan dua surga.” (QS. Ar-Rahman[55]: 46)

Kemudian Allah juga berfirman:

وَمِن دُونِهِمَا جَنَّتَانِ

Dan selain dari dua surga itu ada dua surga lagi.” (QS. Ar-Rahman[55]: 62)

Dan Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengabarkan bahwa ada dua surga dari emas dan dua surga dari perak. Sebagaimana dalam hadits Bukhari dan Muslim.

Ini merupakan kenikmatan yang sangat sempurna. Mereka merasakan nikmat dan tidak merasakan kesengsaraan. Mereka sehat terus, tidak sakit-sakit. Mereka muda terus, tidak tua-tua. Mereka juga hidup terus dan tidak mati.

Istri di akhirat

Menit ke-21:34 Seseorang yang punya istri di dunia, maka istrinya akan tetap menjadi istrinya di akhirat. Kalau wanita itu mempunyai dua suami, maka wanita itu memilih antara keduanya. Namun ada juga pendapat ulama yang mengatakan bahwa wanita dengan lelaki yang terakhir.

Kalau seorang laki-laki di dunia tidak mempunyai istri atau seorang wanita tidak mempunyai suami, maka di surga dia akan dinikahkan antara satu dengan yang lainnya. Di surga juga ada pasangan dari jenis yang lain, mereka adalah bidadari.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/50483-surga-dan-berbagai-kenikmatan-bagi-orang-yang-beriman/